Tim Pengabdian Masyarakat Dosen Teknik Kimia membuat Alat Pengering Berbasis Solar Cell

Berita

3 Dosen Teknik Kimia yang tergabung dalam Laboratorium Operasi Teknik Kimia yaitu beranggotakan Ir. Bambang Poerwadi., MS,  Supriyono, ST., MT., dan Dr. Eng. Christina Wahyu Kartikowati, ST., MT. melaksanakan kegiatan program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan judul IbM Pelatihan Pembuatan Alat Pengering Berbasis Solar Cell untuk Penggerak pada UKM Kripik dan kerupuk di UKM Barokah Putri di desa Tasik Madu kecamatan Lowokwaru kota Malang.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 1 hari, 19 Oktober 2020 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang dihadiri oleh pengelola beserta para pegawai UKM.

Demi mendukung pengembangan sumber energi alternatif sebagai pengganti bahan bakar minyak, slaah satu energi alternatif yang dikembangkna adalah energi matahari berbasis solar cell yang bersifat dapat diperbaruhi dan ramah lingkungan.

Salah satu proses yang dilakukan para pelaku UKM ini adalah dengan proses pengeringan yang secara alami dijemur di bawah terik matahari sebelum digoreng dan dilakukan proses selanjutnya.Proses pengeringan ini mempunyai banyak kendala diantara waktu pengeringan, lokasi pengeringan serta cuaca. Dengan teknologi pemanfaatan sollar cell sebagai sumber energi penggerak alat pengering sangat membantu kinerja pengelola dalam proses produksi.

Dari kegiatan pelatihan ini diharapkan masyarakat pengelola UKM memiliki pengetahuan tentang aplikasi teknologi pemanfaatan sollar cell sebagai sumber energi pengegrak alat pengering serta mengembangkan teknologi tersebut yang nantinya dapat terimplementasikan di masyarakat secara efektif dan efisien.